Pesona Danau Biru, Area Tambang yang Ditinggalkan

Pontianak, Ibu Kota Kalimantan Barat ini, tak jauh dari Kota Singkawang. Kota yang terkenal dengan wisata budayanya. Sebuta saja, Festival Cap Go Meh yang berasal dari dari kebudayaan Tionghoa yang digelar tiap tahun, menjadi magnet bagi para wisatawan untuk datang dan menyaksikan sendiri keunikan budaya di Singkawang.

Di kota yang kental dengan Budaya Tionghoa ini, ada sebuah danau yang terletak dekat pusat kota Singkawang. Bila ditempuh bersama Rental Mobil Pontianak, kurang lebih 6 kilometer atau 20 menit dari pusat kota menuju ke Danau Biru. Aksesnya lumayan mudah untuk dicapai. Danau Biru terletak di daerah Wonosari, Roban, Singkawang Timur.

Sepanjang perjalanan menuju danau kamupun dapat menikmati pemandangan yang menyenangkan karena banyak keindahan alam yang akan kamu lewati. Kamu akan melihat pemandangan gunung Pasi, di puncak gunung tersebut terdapat klenteng, yang juga merupakan destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Danau Biru, destinasi wisata ini, tidak memiliki pengelola. Kawasan ini tidak dikembangkan oleh Pemerintah Kota maupun pihak swasta. Pemandangannya yang indah, murni menjadi daya tarik pengunjung. Meski dinamakan danau biru, sebenarnya danau ini cenderung berwarna pirus. Di sekelilingnya tanahnya berwarna putih dengan latar belakang pemandangan pegunungan, yaitu Gunung Poteng.

Kawasan Danau Biru dulunya merupakan area penambangan emas. Saat ini area itu ditinggalkan begitu saja dan sisa penambangan itu kemudian tergenang air yang memiliki warna biru. Menurut rumor yang beredar, warna biru itu berasal dari kontaminasi bahan kimia yang digunakan saat menambang. Oleh sebab itu, pengunjung dilarang untuk berenang karena terlalu berbahaya.

Bagaimana? Menarik bukan? Tunggu apa lagi? Kamu bisa menghubungi Rental Mobil Pontianak untuk menemani liburanmu ke kota Singkawang karena Danau, Gunung, Pantai dan banyak hal-hal yang menarik akan menunggu anda di kota Singkawang. Bersama Rental Mobil Pontianak perjalanan mu bersama teman-teman dan keluarga akan lebih menyenangkan. Jasa Rental Mobil Pontianak siap memanjakan dengan mengantarkanmu ke berbagai destinasi wisata yang menarik.

Leave a Reply