Bukit Jamur Miniatur Mahameru dari Kalimantan Barat

Kali ini Rental Mobil Pontianak akan mengajakmu menjelajah lebih jauh. Masih di seputaran Kalimantan Barat tapi wisata alam kali ini bukan kepalang indahnya. Adalah Bukit Jamur, walaupun hanya terhitung sebagai bukit namun keindahanya menyerupai keindahan alam Mahameru dengan negeri di atas awannya itu.

Bukit Jamur ini, tepatnya berada di daerah Kabupaten Bengkayang. Perjalanan ke Bukit Jamur dapat ditempuh bersama Rental Mobil Pontianak dengan jarak tempuh lebih kurang 200 kilometer dari kota Pontianak, atau sekitar 5 jam perjalanan darat.

Ketinggian Bukit Jamur ini mencapai sekitar 500 mdpl. Jika kamu ingin merasakan sensasi indahnya awan saat matahari terbit, seperti di puncak Mahameru, baiknya kamu berangkat sebelum matahari terbit atau berangkat pada sore hari dan menginap di puncak bukit. Sementara, untuk mencapai puncak bukit, kamu membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 3 jam.

Di sepanjang perjalanan selama mendaki kamu akan menyusuri jalan setapak yang telah dibuat oleh warga setempat, sembari menikmati suasana hutan rimba dengan pepohonan nan rindang serta sungai-sungai kecil. Selain itu kamu juga akan menjumpai padang rumput ilalang setinggi dada yang menemani sampai ke puncak. Kamu juga akan melewati sebuah jembatan gantung yang diberi nama “Jembatan Cinta”.

Ketika pagi menjelang, dari atas bukit, kamu bisa menyaksikan puncak bukit-bukit yang bertebaran nun di seberang lembah, permukiman penduduk, sawah dan ladang yang menghampar bak permadani. Kamu juga dapat melihat seluruh pemandangan Kota Bengkayang. Suasana malam di bukit ditemani oleh hamparan bintang di langit, kelap-kelip lampu kota Bengkayang, suara-suara binatang malam, dan dinginnya sepoi angin malam.

Dalam pengamatan Rental Mobil Pontianak, masih Banyak pelancong yang melanggar etika dalam mendaki yaitu tidak menjaga lingkungan alam sekitarnya. Sampah yang beserakan di daerah bukit dan kaki bukit sepanjang jalan yang dilewati saat mendaki ataupun saat menurun. Oleh karena itu, Rental Mobil Pontianak menyarankanmu untuk tak lupa membawa Trash Bag dalam perjalananmu menuju puncak bukit, agar alam kita tetap bersih dan selalu memberikan manfaat bagi penghuninya.

Leave a Reply