Kuliner Pontianak Pengkang

Jika kamu berkunjung ke Pontianak, Kota Khatulistiwa ini jangan lupa untuk minta Rental Mobil Pontianak untuk mengantarkanmu ke Pondok Pengkang di jalan raya peniti, kecamatan Siantan. Tempat ini sudah menjadi ikon kulinet khas Kota Pontianak. Jika kamu mencoba mecari informasi tentang Pengkang, di peramban internet, referensinya hampir semua mengarahkan pada resto yang terletak di tepi jalan raya ke arah kota Singkawang dari Pontianak.

Menurut rumor yang tersebar, rumah makan ini  sudah ada sejak 1934. Hal ini jelas terpampang pada sign board. Di dalam rumah makan inipun kamu akan menemukan lukisan yang kembali menegaskan bahwa rumah makan ini sudah ada cukup lama sekali. Benar atau tidak, sepertinya pengusaha di Pontianak  senang sejarah.

Citra rasa panganan khas Pontianak yang satu ini, tidak jauh berbeda dari lemper. Rasanya enak, gurih dan juga cukup mengenyangkan. Boleh jadi sebab bahan dan  proses membuatnya kurang lebih  sama. Pertama beras ketan dimasak dengan santan setelah itu dibungkus daun pisang, diisi ebi lalu dijepit sebilah bambu dan dibakar di atas bara tempurung kelapa. Asap dari tempurung, daun pisang yang terbakar dan rasa udang kering  itu lah yang sedikit membedakannya dari lemper ayam. Umumnya Pengkang dimakan dengan sate dan sambal kepah. Kepah adalah sejenis kerang yang banyak hidup  di hutan mangrove di Kalimantan Barat.

Cara menikmati Pengkang yang paling pas adalah dengan dicocolkan ke Sambal Kepah, sambal dengan bahan utama sejenis kerang yang banyak hidup dihutan mangrove dekat pantai. Perpaduan antara pedas dan manisnya sangat seimbang. Paduan gurihnya ketan pengkang dengan legitnya pedas sambal kepah menjadikan makanan ini wajib hukumnya untuk dicoba bila berkunjung di Pontianak.

Jangan ragu dan bimbang bagaimana cara menjangkau wisata kuliner yang satu ini, segaralah hubungi Rental Mobil Pontianak untuk mempermudah perjalanan wisata kulinermu.

Leave a Reply