Tugu Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa

Pontianak adalah kota yang terkenal dengan posisinya yang dilawati oleh garis khatulistiwa. Garis ini adalah garis imajiner yang membagi bumi ini menjadi dua bagian, utara dan selatan. Garis yang membelah bumi itu, tepat terletak di Pontianak Utara, Provinsi Kalimantan Barat. Lokasinya berada sekitar 3 km dari pusat Kota Pontianak, ke arah Kota Mempawah. Sebagai penanda di sana berdiri bangunan berupa Tugu Khatulistiwa atau Equator Monument.
Tugu ini pertama kali dibangun pada tahun 1928 awalnya hanya berbentuk tonggak dan anak panah. Dalam perjalanan waktu, tugu ini telah mengalami beberapa kali renovasi. Bentuk akhir yang tampak saat ini adalah hasil renovasi akhir pada tahun 1990. Saat ini Tugu Khatulistiwa dibangun seperti kubah untuk melindungi monumen aslinya.

Jika ingin menyaksikan kemegahan Tugu Khatulistiwa jaman dulu, jangan ragu untuk melangkahkan kaki masuk ke dalam monumen ini. Pengunjung tidak akan dipungut biaya, hanya akan diminta untuk mengisi buku tamu.
Di dalam monumen, selain bisa menyaksikan secara langsung bentuk Tugu Khatulistiwa versi jaman dulu, pengunjung juga akan disuguhi informasi sejarah dibangunnya monumen ini, lengkap dengan perhitungan lokasi titik nol garis khatulistiwa.
Hal lain yang menarik adalah, fenomena yang terjadi rutin setiap tahun di garis khatulistiwa. Hal ini terjadi saat titik kulminasi matahari, yakni fenomena alam ketika matahari tepat berada di garis khatulistiwa. Pada saat itu posisi matahari akan berada persis di atas kepala, sehingga menghilangkan semua bayangan benda-benda dipermukaan bumi. Pada peristiwa kulminasi tersebut, bayangan tugu akan “menghilang” beberapa detik saat terkena sinar matahari. Demikian juga dengan bayangan benda-benda lain disekitar tugu.
Peristiwa titik kulminasi matahari itu terjadi setahun dua kali, yakni antara tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September. Peristiwa alam ini menjadi magnet bagi wisatawan manca maupun lokal.
Tunggu apa lagi? Jalan-jalan ke Kota Pontianak tiada lengkap jika tak mengunjungi ikon Kota Pontianak yang termasyhur ini. Untuk mempermudah perjalanan wisata, anda bisa menyewa kendaraan dari rental mobil Pontianak.

Leave a Reply