9 tips agar merasa aman saat parkir

Tritama Rental Mobil Pontianak
Sering kali kita sebagai pengendara merasa tidak nyaman saat berada di tempat parkir terutama parkir basement. Kalau parkir di tempat ini biasanya gelap dan rawan tindak kejahatan. Survei terhadap pengendara di Inggris menyebutkan 1 dari 3 pengendara merasa tidak aman saat berada di tempat parkir. Sektiar 51 persen pengendara perempuan merasa tidak aman, dengan 23 persen dari mereka merasa harus memilih tempat parkir yang aman dan nyaman.

“Wajar jika pengendara merasa gugup saat sendirian di parkir, namun tetap waspada dan mengikuti tips-tipis berikut mungkin bisa membantu anda tetap aman,” ujar Harrison Woods dari YourParkingSpace seperti dilansir dari Carscoops.

Berikut 9 tips parkir aman

1. Parkir Kendaraan Anda di Tempat Terang

Satu langkah sederhana bisa Anda lakukan, dengan memilih tempat parkir yang terang. Karena pencahayaan di daerah gelap dapat mengurangi rasa ketakutan akan kejahatan, serta mengurangi kesempatan untuk melakukan tindak kejahatan. Jadi cobalah untuk memarkir mobil Anda tepat di bawah lampu.

2. Pastikan Anda Parkir Kendaraan yang Ada Petugas

Banyaknya tempat memarkirkan kendaraan Anda, biasanya membuat Anda akan leluasa memilih tempat parkir. Selain tempat harus terang, pastikan wilayah parkir kendaraan Anda selalu dilewati oleh petugas parkir. Selain itu, Anda sebaiknya memastikan kendaraan Anda bisa terpantau oleh CCTV.

3. Rencanakan Posisi Parkir Anda

Saat Anda berada ditempat parkir baru, pastikan Anda melihat situasi tempat parkir dan merencanakan dimana Anda akan parkir. Anda rencanakan temapat paling strategis, dengan melihat seluruh tempat parkir kendaraan. Agar tidak memarkirkan kendaraan di tempat terlalu gelap.

4. Tidak Menyimpan Barang Berharga di Mobil

Pastikan kendaraan Anda yang terparkir tidak terdapat barang-barang berharga. Karena dengan ada-adanya barang berharga di dalam kendaraan bisa memancing kejahatan.

5. Parkirkan Kendaraan Anda di Tempat Strategis

Pastikan kendaraan Anda terparkir di tempat paling strategis. Salah satunya dekat dengan pintu keluar atau tempat yang tidak asing atau telalu jauh dari pintu keluar.

6. Tetap Waspada

Saat Anda menuju tempat parkir, pastikan Anda terus waspada. Disarankan untuk tidak sambil mendengarkan musik, memeriksa email atau SMS atau sibuk dengan gudget. Sehingga Anda bisa tahu apa yang terjadi di sekitar Anda.

7. Memegang Kunci di Tangan Anda

Saat menuju tempat parkir, pastikan Anda sudah menggenggam kunci kendaraan Anda. Atau sudah mengetahui dimana letak kunci kendaraan Anda, sehingga Anda tidak perlu lagi mencari dimana letak kunci kendaraan Anda.

8. Jangan Meninggalkan Kunci di Kunci Kontak

Banyak dari pengendara yang memilih untuk tetap menghidupkan kendaraannya, agar kabin tetap dingin di saat Anda ingin keluar mobil sebentar. Pastikan hal itu tidak Anda lakukan, karena perilaku ini bisa mengundang kejahatan.

9. Laporankan Kekhawatiran Anda

Jika Anda merasa memiliki masalah akan keamanan parkir atau menemukan bahwa mobil Anda telah rusak saat di parkir. Segera laporkanlah kepada pengelolaan parkir mobil dan menghubungi polisi.

source: oto.detik.com

Leave a Reply