Tips agar tidak mengantuk saat nyetir

cara-alami-hilangkan-kantuk-saat-nyetir-mobil-lgvpr68t7a

Perjalanan mudik ke kampung halaman menjadi ‘ritual’ tahunan yang dilakukan orang Indonesia. Macet serta jarak yang cukup jauh ditempuh, membuat pengemudi harus ekstra hati-hati.

Kelelahan atau jarak yang jauh tersebut dapat membuat pengemudi mengantuk selama perjalanan. Jika sudah begitu, bisa fatal akibatnya. Berbagai cara ditempuh untuk mengatasi kantuk. Mulai dari beristirahat di rest area hingga minum kopi.

Nah, bagi Otolovers yang akan melakukan perjalanan mudik, simak tips yang dikutip dari Carbuzz berikut ini agar tidak mengantuk selama perjalanan.

1. Minum kafein
Kafein adalah suatu zat yang dapat mencegah kantuk. Zat ini biasanya terdapat pada minuman seperti kopi atau minuman berenergi. Meminum minuman dengan zat kafein dapat mengurangi rasa kantuk Otolovers. Dikutip Carbuzz, jika terasa kantuk, minumlah minuman dengan kadar kafein 75 miligram. Jumlah tersebut sama kadarnya dengan satu gelas kopi. Jika Otolovers bukan pecinta kopi, Otolovers bisa menggantiya dengan minuman teh seperti green tea.

2. Rehat dan tidurlah
Jika memang rasanya sudah tidak bisa ditahan lagi kantuk yang Otolovers rasakan, berhentilah di rest area terdekat. Otolovers bisa memejamkan mata dan tidur untuk menghilangkan kantuk. Tidur sekitar 20 hingga 30 menit dapat kembali menyegarkan tubuh.

3. Nikmati perjalanan
Selama mengemudi, nikmati perjalanan bersama keluarga atau rekan. Mengobrol dengan mereka akan membuat rasa kantuk mungkin sedikit berkurang. Jangan mengemudi dengan ngebut karena ingin sampai dengan cepat ke tempat tujuan dan beristirahat. Tetap ikuti rambu lalu lintas yang ada di jalan dan datang ke tempat tujuan dengan selamat.

4. Bikin jadwal terencana
Sebelum berangkat, alangkah baiknya jika Otolovers membuat jadwal yang terencana. Jika berangkat pada pagi hari, tidurlah lebih awal di malam harinya agar dapat beristirahat dengan cukup. Usahakan untuk beristirahat 6 hingga 8 jam agar tidak mengantuk saat menyetir.

5. Kunyah permen karet
Cara yang satu ini banyak dilakukan pengemudi jika mulai terasa mengantuk. Mengunyah permen karet dapat mencegah untuk mengantuk atau menguap di perjalanan. Lebih bagus lagi kalau permen karet yang dikunyah yaitu bebas gula atau rendah gula ya Otolovers.

6. Buka jendela dan hiruplah udara segar
Udara segar dapat membantu rasa kantuk Otolovers sedikit berkurang. Bukalah jendela mobil, hirup udara dari luar.
Namun, perhatikan pula kondisi cuaca serta jalanan sekitar. Kalau banyak asap kendaraan, lebih baik jangan dibuka ya Otolovers. Cari tempat sejuk atau dengan pemandangan cukup bagus untuk menyegarkan kembali Otolovers saat membuka jendela.

itulah beberapa tips agar tidak mengantuk saat nyetir

source: oto.detik.com

Leave a Reply