Liburan anti bete bersama Sahabat. Ini tips nya!

14145510_301028403589527_2123134030_n1Menghabiskan waktu bersama sahabat memang selalu mengasyikan apalagi dengan cara traveling. Tapi kamu harus tahu tips liburan bebas bete bareng sahabat. Kedekatan satu sama lain membuat travelling terasa nyaman yang dapat mengurangi rasa gelisah. Namun biasanya tetap saja ada beberapa perbedaan pendapat yang dapat membuat bete.

Ini dia beberapa tips dari DetikTravel biar liburan anti bete bareng sahabat:

1. Membuat rencana bersama

Pergi dengan orang lain, tentunya yang merasakan pun tidak hanya diri sendiri. Buatlah rencana perjalanan atau itinerary bersama sesuai hasil kesepakatan, ini dapat menghindari traveler dari bete-bete kecil yang dapat merusak mood liburan. Contoh kecilnya seperti memilih tempat yang akan dikunjungi, jika terdapat perbedaan pilihan cobalah cari jalan tengahnya. Seperti berkunjung sendiri-sendiri dan bertemu di tempat yang telah ditentukan. Kamu senang, sahabat juga senang!

2. Mempertimbangkan uang

Salah satu yang paling krusial adalah pengeluaran atau uang yang dihabiskan saat travelling. Beberapa orang juga menganggap urusan keuangan adalah sesuatu yang sensitif. Mau tidak mau, dari beberapa kebutuhan yang megharuskan untuk patungan atau berbagi biaya untuk penginapan atau transportasi. Pilihlah destinasi dan fasilitas liburan yang sesuai dengan kantong teman-teman lainnya. Jangan sampai ada yang tidak ikut atau mengorbankan suatu hal penting demi suatu hal yang sebenarnya bisa dicari alternatifnya. Liburan bersama tidak perlu mahal, yang penting semua berkumpul dan senang.

3. Selalu kompak dan bekerjasama

Keperluan perjalanan untuk jumlah orang lebih dari satu tentunya tidak sedikit. Tentunya akan sangat sulit jika dikerjakan sendirian tanpa bantuan orang lain. Membagi tugas bisa menjadi solusinya. Namun, bagilah tugas dengan sama rata, jangan ada yang lebih banyak atau lebih sedikit. Tentunya, jika ada yang kesulitan sudah kewajiban untuk membantunya. Begitupula jika ada kendala, jika kekompakkan terjaga maka masalah pun tidak akan berangusur lama dan cepat hilang dengan rasa kebersamaan yang telah dibangun.

4. Singkirkan ego

Travelling dengan sahabat, artinya hidup sementara dengan mereka. Haram hukumnya untuk mementingkan kepentingan diri sendiri diatas kepentingan orang lain. Jika terlalu egois, pasti orang lain akan merasa jengkel. Liburan pun tidak akan berjalan mulus dan kesenangan akan berkurang. Dimulai dari sendiri, cobalah untuk tidak bersikap semaunya dan mendengarkan apa kata orang lain.

5. Menjaga dan mengingatkan satu sama lain

Kompak atau menjaga ego sendiri tidak cukup. Dalam sebuah tim semua anggota harus menjaga satu sama lain, termasuk saat liburan bareng sahabat. Perhatikan kondisi dan situasi, jika sahabat kamu terlihat lelah cobalah untuk rehat sejenak dahulu. Atau jika ingin check out dari penginapan, pastikan barang-barang teman lainnya juga tidak tertinggal. Selain dapat membuat teman kamu sedih, itu juga akan merepotkan karena harus kembali untuk mengambil barangnya kembali.

Liburan bareng sahabat juga tidak hanya jalan-jalan menelusuri suatu wilayah bersama, namun traveler juga dapat mengetahui sifat asli dari sahabat-sahabat yang mungkin kamu sendiri tidak mengetahuinya. Selamat berlibur!

source: travel.detik.com

Leave a Reply