Jembatan Kapuas I, Pertama Dan Kebanggaan Warga Pontianak

Jembatan Kapuas I, Pertama Dan Kebanggaan Warga Pontianak

Jembatan Kapuas I, sesuai namanya, jembatan dengan panjang 420 M ini membentang diatas Sungai Kapuas yang membelah kota Pontianak, sejak 1982 jembatan ini telah menjadi urat nadi bagi perekonomian kota. Bagaimana tidak, hapir seluruh warga kota yang berada di wilayah timur dan utara melewati jembatan ini untuk menyeberang ke pusat kota, dimana sebelumnya hanya terdapat Ferry sebagai fasilitas penyeberangan.

Jembatan Kapuas I pada awalnya difungsikan sebagai jalan tol yang berarti setiap pengguna jembatan ini dipungut tarif tol. Namun karena dianggap sudah menjadi jalur utama dan tidak ada jalur alternatif selain Ferry, pungutan tarif tol dihapus pada pertengahan 1990-an dan jembatan ini bebas dilalui pengendara. Akibat terus meingkatnya volume kendaraan yang melintasi jembatan Kapuas I, Pemerintah mewujudkan pembangunan Jembatan Kapuas II yang berada di Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya.

Tritama Rental Mobil Pontianak
Jembatan Kapuas I sebagai urat nadi kota Pontianak

Karena pertimbangan akan usianya yang sudah cukup tua serta arus lalu-lintas yang sudah sangat padat, sejak tahun 2012 diberlakukan larangan bagi kendaraan roda 6 atau lebih untuk melewati jembatan ini. Masyarakat yang menggunakan kendaraan besar dapat menyeberangi Sungai Kapuas melalui jalur alternatif yaitu Jembatan Kapuas II dan Ferry penyeberangan.

Bagaimanapun kondisi fisiknya saat ini, Jembatan Kapuas I merupakan primadona dan selalu menjadi kebanggan warga kota Pontianak, mengingat keberadaannya yang sudah begitu melekat dan merupakan salah satu ikon kota selain Tugu Khatulistiwa, Masjid Jami’, Istana Kadriah dan Gereja Katedral St. Yoseph.

Tritama Rental Mobil Pontianak
Walau usianya yang sudah cukup tua, Jembatan Kapuas I tetap terlihat kokoh dan rupawan

Jika dilihat dari kejauhan, terutama di kawasan pemukiman pinggiran Sungai Kapuas, Jembatan Kapuas I tetap terlihat kokoh sebagai urat nadi kota, terutama pada malam hari, akan terlihat padatnya arus lalu-lintas yang bertopang pada jembatan yang rupawan tersebut.

Leave a Reply