Pulau Randayan, Pulau Kecil Dengan Pesona Besar

Pulau Randayan, Pulau Kecil Dengan Pesona Besar

Mustahil rasanya jika orang yang asli berasal dari Kalimantan Barat, khususnya yang berada di daerah Bengkayang, Singkawang, dan sekitarnya, tidak mengenal Pulau Randayan, sebuah pulau kecil dalam Gugusan Lemukutan Besar di Laut China Selatan. Sebuah pulau yang sudah sejak lama menjadi destinasi favorit bagi para Traveler dan penggemar Snorkeling, dan menjadi primadona karena keindahan biota lautnya.

Letak Pulau Randayan sangat strategis dan aman dari serbuan ombak besar Laut Natuna. Pantai dengan pasir putih yang luas dan pohon-pohon nyiur yang eksotis. Air yang jernih dan tidak terlalu dalam, memudahkan kita untuk menyaksikan warna-warni flora dan fauna bawah laut Pulau Randayan.

Tritama Rental Mobil Pontianak
Seorang anak kecil sedang bermain di dermaga, tampak Pulau Penata Besar dari kejauhan

Pulau Randayan dapat ditempuh melalui dua dermaga yang menyediakan akses transportasi untuk umum, yaitu Dermaga Teluk Suak dan Dermaga di Pantai Samudera Indah. Waktu perjalanan kurang lebih dua jam menggunakan kapal motor rakyat dengan tarif berkisar Rp. 30.000 – 35.000 Rupiah per-orang. Kapal-kapal motor ini juga membawa barang keperluan pokok masyarakat Pulau Lemukutan, pulau yang sangat dekat jaraknya dengan Pulau Randayan. Umumnya kapal motor ini berangkat pagi atau menjelang siang.

Tritama Rental Mobil Pontianak
Perjalanan menuju Pulau Randayan, biasanya pemilik kapal akan menurunkan penumpang mereka di Pulau Penata dan Lemukutan terlebih dahulu.
Tritama Rental Mobil Pontianak
Bale untuk bersantai
Tritama Rental Mobil Pontianak
Tampak pengunjung sedang berkumpul dan bersantai menikmati liburan mereka

Penginapan di Pulau Randayan juga relatif terjangkau, berkisar antara 400.000 – 800.000 Rupiah / kamar / malam, tergantung type penginapan yang dipilih dengan kapasitas dan fasilitas yang berbeda-beda, tarif tersebut belum termasuk Tiket Masuk pulau yaitu 15.000 Rupiah saja. Di Penginapan disediakan dapur umum untuk keperluan memasak bagi setiap pengunjung yang bermalam, jadi sangat disarankan bagi calon pengunjung untuk mempersiapkan perbekalan sebelum bermalam di pulau ini.

Tritama Rental Mobil Pontianak
Penginapan di Pulau Randayan
Tritama Rental Mobil Pontianak
Di sisi Barat Pulau ini adalah hamparan pasir putih yang cukup luas, diujung bibir pantai terdapat bebatuan besar
Tritama Rental Mobil Pontianak
Snorkeling merupakan agenda wajib dalam berwisata ke Pulau Randayan

Di sisi Barat juga ada beberapa rumah warga penghuni pulau, disitu pengunjung dapat membeli Gula, Mie Instan, Sabun Mandi, dan keperluan dasar lainnya. Kadang, mereka menjual ikan hasil melaut, dengan harga yang sangat bersahabat, untuk dibakar dan disantap di malam hari sambil berkumpul, bernyanyi dan memainkan Gitar di kehangatan api unggun.

Leave a Reply