Cara Murah Merawat Interior Mobil

Cara Murah Merawat Interior Mobil

Mobil memiliki dua bagian yang saling melengkapi, yakni sisi interior dan eksterior. Keduanya harus dipelihara dengan baik agar mencerminkan mobil yang terawat. Terkadang pemilik mobil sering melupakan kondisi interior mobil dan lebih suka merawat bagian luar saja. Padahal bagian dalam mobil juga sangat perlu diperhatikan, dirawat dan dibersihkan.

Dengan keadaan yang bersih dan harum akan memancarkan suasana nyaman bagi Anda dalam mengemudi. Ini dia tips untuk merawat interior mobil yang sederhana tanpa harus membawa ke bengkel.

  1. Bersihkan dashboard
    Bagian dashboard mobil adalah sisi yang paling terlihat ketika masuk ke mobil. Dahsboard juga menjadi sasaran sinar matahari karena posisinya yang ada di depan. Untuk membuatnya tetap bersih, Anda bisa menggunakan kemoceng atau kuas yang berguna menyingkirkan debu-debu. Bersihkan hingga ke sudut-sudut dan lubang AC di sekitar dashboard supaya tidak ada debu yang masih menempel.
    Anda juga bisa membersihkan permukaan dashboard dengan cairan pembersih khusus. Sehabis membersihkan jangan lupa untuk segera dilap kembali agar tidak meninggalkan noda.
  2. Pilih karpet mobil yang mudah dibersihkan
    Karpet mobil menjadi bagian yang mudah kotor. Pasalnya, bagian ini menjadi alas kaki setiap penumpang mobil. Anda tidak tahu kotoran apa saja yang menempel pada alas kaki Anda maupun orang yang menumpang di mobil Anda.
    Untuk mengantisipasi agar karpet mobil mudah dibersihkan pilih yang terbuat dari bahan karet sintetis. Sehingga saat Anda mau membersihkan kotoran seperti pasir, tanah, sampai noda yang menempel di karpet tinggal mencucinya menggunakan sabun mobil lalu dijemur.
    Jangan sekali-kali memilih karpet mobil dari bahan kain, karena membutuhkan waktu yang lama untuk dibersihkan dan perlu dibawa ke salon mobil bila ada noda atau kotoran menempel.
  3. Pasang pengharum ruangan
    Mobil Anda juga harus menyebarkan aroma wangi agar tetap nyaman dibawa berkendara. Apabila bau apek dan tak sedap menyelimuti isi mobil maka mudah mengganggu konsentrasi Anda saat mengemudi. Anda bisa memilih pengharum ruangan mobil yang sesuai dengan kepribadian Anda. Saat ini sudah banyak ditawarkan jenis-jenis aroma pengharum ruangan mobil dengan bentuk yang bervariasi. Ada yang bisa digantung, ditempel di dashboard sampai dijual dalam bentuk spray.
  4. Gunakan lap basah untuk membersihkan langit-langit mobil
    Bagian langit-langit mobil juga kerap terlupakan untuk dieksekusi saat membersihkan interior mobil. Padahal sisi atas bagian dalam mobil ini cenderung menyimpan debu. Nah, cara membersihkan langit-langit mobil sebaiknya menggunakan lap yang sudah dibasahi dengan air dan sabun cuci khusus. Usahakan lap jangan terlalu basah, karena akan membuat langit-langit mobil menjadi lembap dan menimbulkan bau tak sedap. Setelah itu baru menuntaskannya dengan lap kering untuk meresap sisa-sisa air dan kotoran yang masih menempel.
  5. Merawat jok mobil
    Bisa dikatakan penghuni interior mobil yang satu ini memerlukan perawatan yang cukup rumit. Tetapi, Anda tidak perlu repot membawa ke salon mobil untuk membersihkannya. Cara praktis untuk membersihkan jok mobil adalah dengan lap kering, sikat gigi yang tidak terpakai, penyedot debu khusus kendaraan dan cairan pembersih jok mobil.
    Langkah pertama bisa dimulai dengan menggosok semua bagian jok dengan lap kering. Untuk bagian yang tidak terjangkau bersihkan dengan penyedot debu yang sudah disiapkan sebelumnya. Lalu untuk membersihkan noda-noda dan debu yang menempel gunakan cairan pembersih jok mobil. Jangan menuang cairan sekaligus, tetapi tuangkan sedikit demi sedikit. Baru sikat perlahan-lahan hingga noda yang menempel hilang. Setelah semua terlihat bersih, segera membasuhnya dengan lap kering. Usahakan memarkir mobil di tempat yang teduh dan tidak terkena panas matahari agar melindungi jok mobil dari kerusakan dan kelembapan.

One thought on “Cara Murah Merawat Interior Mobil

Leave a Reply