Gereja Katedral Santo Yoseph, Terbesar di Asia Tenggara

Gereja Katedral Santo Yoseph, Terbesar di Asia Tenggara

Paroki Santo Yoseph Katedral Pontianak merupakan paroki dari Gereja Katolik Roma di pusat Keuskupan Agung Pontianak. Pusat Paroki Katedral Pontianak berada di jantung Kota Pontianak Kalimantan Barat. Gubernur Kalimantan Barat Cornelis mengklaim bahwa Gereja Katedral Pontianak yang sekarang adalah bangunan Gereja Katolik terbesar di Asia Tenggara.

Pembangunan gereja pertama sebagai pusat paroki dimulai sejak tahun 1908 oleh Prefek Apostolik Dutch Borneo Mgr. Pacificus Bos, OFMCap setelah pembelian tanah untuk membangun gereja, pastoran, rumah yatim-piatu, sekolah, pemakaman, dan susteran. Kemudian gereja tersebut diberkati pada 9 Desember 1909, sekaligus berdirinya paroki secara resmi. Menjadi gereja katedral sejak 17 November 1918 seiring dengan ditahbiskannya Mgr. Pacificus Bos OFMCap menjadi Uskup Tituler Capitolias, merangkap Vikaris Apostolik Dutch Borneo, dan paroki berubah menjadi Paroki Katedral Pontianak.

Tritama Rental Mobil Pontianak
Tritama Rental Mobil Pontianak

Gereja Katedral Santo Yoseph dibangun dengan perpaduan Romawi dan Timur Tengah. Sepintas, bangunan terkesan mirip dengan Basilika Santo Petrus di Vatikan. Namun, ornamen bernuansa Dayak tampak dominan di sana. Ukiran-ukiran khas Dayak mengelilingi dinding gedung. Ada juga patung burung ruai dari Kayu Belian di halaman gereja. Di pelataran juga berdiri patung Santo Yoseph berukuran raksasa. Karena berada di jantung Kota Pontianak, sangat mudah untuk menemukan bangunan ini dikarenakan atap Gereja berkubah menjulang tinggi, sehingga terlihat jelas dari sudut-sudut jantung kota.

Sumber foto udara : Aeronix

2 thoughts on “Gereja Katedral Santo Yoseph, Terbesar di Asia Tenggara

Leave a Reply