Rumah Betang, Rumah Adat Suku Dayak

Rumah Betang, Rumah Adat Suku Dayak

Rumah Betang atau disebut juga rumah panjang (Long House) merupakan rumah adat suku dayak. Sebuah replika Rumah Betang terletak di pusat kota Pontianak, yaitu di Jl. Letjen Sutoyo bersebelahan dengan gedung Perpustakaan Daerah atau sekitar 150 meter dari rumah dinas atau pendopo Gubernur Kalimantan Barat. Walaupun hanya sebuah replika, tetapi rumah Betang ini cukup aktif dalam menampung aktivitas kaum muda dan sanggar seni Dayak.

Tritama Rental Mobil Pontianak

Berbeda dengan rumah atau bangunan modern lainnya, ciri khas bangunan rumah betang adalah hampir semua bahannya terbuat dari kayu ulin, mulai dari tiang penyangga, dinding, lantai, tangga hingga atapnya. Selain itu, tidak seperti rumah masa kini yang pondasinya berada di bawah tanah dan lantainya terletak di permukaan tanah, rumah betang berbentuk rumah panggung yang lantai dan bangunannya ditopang oleh beberapa tiang penyangga, sehingga bila kita memasuki rumah tersebut harus menaiki anak tangga yang juga terbuat dari kayu ulin.

Tritama Rental Mobil Pontianak
Sebuah lukisan bermotif khas Dayak Kalimantan Barat di Rumah Betang

Ciri khas lainnya adalah rumah ini berbentuk satu bangunan memanjang yang terdiri atas beberapa kamar. Biasanya dalam satu bangunan yang terdiri atas beberapa kamar tersebut dihuni oleh beberapa keluarga. Pada saat ini, rumah betang keberadaanya semakin langka dan hanya dapat dijumpai di daerah pedalaman Kalimantan.

Tritama Rental Mobil Pontianak

Oleh karena tergolong bangunan langka, sebagai salah satu upaya untuk melestarikan ciri khas bangunan rumah betang, model dan konsep rumah betang tersebut diadopsi oleh Pemerintah Propinsi dalam membangun beberapa gedung pemerintahan, seperti Kantor Gubernur dan Gedung DPRD Kalimantan Barat.

Leave a Reply